RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama sekolah : SMA NEGERI 20
Mata pelajaran : BIOLOGI
Kelas/semester : XII/GASAL
Alokasi waktu : 6 x 45 menit
Standar kompetensi : 3 Memahami konsep dasar dan prinsip-prinsip hereditas serta
impilkasinya pada saling temas
Kompetensi Dasar : 3.2 Menjelaskan keterkaitan antara proses pembelahan mitosis
dan meiosis
Indicator:
- Mengidentifikasi tahap persiapan pembelahan sel
- Menjelaskan tahap- tahap mitosis
- Mendidentifikasi ciri-ciri dari tahapan mitosis
- menunjukkan lokasi pada makhluk hidup yang mngalani mitosis
- Menjelaskan urutan tahapan miosis
- Mengidentifikasi ciri- ciri tahapan meiosis
- Membedakan mitosis dengan meiosis
- Menjelaskan gametogensis
- Membedakan gametogenesis pada hewan dan tumbuhan
Karakter yang ingin di bentuk ;
Teliti dan cermat
Rasa ingin tahu
Menghargai pendapat orang lain
Tanggung jawab
Jujur
Mau menerima kritik yang membangun
Mau mengakui kekurangan diri sendiri
Pertemuan 1 dan 2
Tujuan pembelajaran :
- Setelah membaca literatur dan mengamati preparat jadi pembelahan mitosis , siswa dapat menjelaskan tahap – tahap mitosis dn mengambarkannya.
- Setelah membaca literatur dan mengamati preparat jadi pembelahan meiosis, siswa dapat menjelaskan tahap-tahap meiosis dan menggambarkannya.
- Setelah membaca literaur dan mengamat preparat jadi pembelahan mitosis dan meiosis siswa dapat menganalisis dan menyebutkan perbedaan pembelahan mitosis dengan meiosis.
Materi :
Fase ciri – ciri
Interfase ( fase persiapan pembelahan sel)
fae G 1 Kromosom dalam kodisi sangat halus,terurai dan sulit dilihat dengan mikroskop cahaya. Keaadaan ini kromosom di sebut kromatin
Terjadi sintesis protein
Terjadi penambahan sitoplasma dan organel-organel sel
fase S Kromatin menebal
Setiap kromosom dalam keadaan berpilin ganda ,tiap pililinan di sebut kromatid
fase G2 Persiapan sel untuk membelah
Terjadi sintesa enzim yang diperlukan dalam pembelahan
Fase mitosis
Profase Pada awal profase kromatid menebal dan memendel, sehingga dapat terlihat dengan mikroskop
Membran nukleus menghilang
Benang spindel mulai terbentuk
Benang spindel menggerakkan kromosom ke bidang ekuator pembelahan
Metafase Kromosom tersusun di bidang equator pembelahan
Kromatid kembar masih terikat di sentromer
Sentromer membelah sehingga kromatid kembar terpisah
Anafase Masing-masing kromatid bergerak kekutub yang berlawanan
Kromatid/ kromosom menuju ke kutub masing-masing
telofase Benamg spindel mulai menghilang
Kromosom kembali menjadi tipis ( benamg kromatin)
Membran nukleus kembali terbentuk dan mengelilingi kromosom
Membran plasma menyempit diantara dua nukleus
Terjadi pembelahan sitoplasma dan terbentuk dua sel anak yang diploid
Ctt. Kromatid adalah satu pilinan kromosom saat dalam keadaan berpilin ganda pada waktu proses pembelahan sel
Meiosis 1
Profase 1 kromosom menebal dan memendek dan membentuk pilinan ganda yang terdiri dari 2 kromatid
terjadi sinapsis yaitu kromosom homolog saling berdekatan
sehingga terbentuk tetrad/bivalen yaitu dua kromosom homolog yang saling berdekatan dan masing-masing terdiri dari 2 kromatid sehingga terlihat 4 kromatid
pada tetrad sering terjadi pindah silang ,yaitu terjadi pertukaran segmen DNA antara dua kromosom homolog. Titik terjdinya pindah silang di sebut khiasma.
Metafase 1 bivalen-bivalen menempatkan diri di bidang equator pembelahan
sentromer pada masing-masing kromosom tetap menyatu
Anafase 1 tiap kromosom memisahkan diri dari homolognya dan menuju ke kutub yang berlawanan
Telofase 1 1 set komosom berada di satu kutub, satu set kromosom yang lain berada di kutub yang berlawanan
Terbentuk nukleus dan terjadi sitokinesis
Interfase
Interfase antara meiosis 1 dan meiosis 2 dapat dianggap tidak terjadi, karena waktunya sangat singkat dan tidak terjadi pertumbuhan sel, dan tidak ada sintesis DNA.
Meiosis 2 terjadi pada 2 sel anak yang terbentuk pada meiosis 1
profase 2 Sentriol bergerak ke kutub, membran nukleus menghilang dan terbentuk benang spindel, kromosom mulai bergerak kebidang equator
metafase 2 Kromosom berada di tengah bidang equator
anafase 2 Kromatid kembar berpisah menuju kutub yang berlawanan
telofase 2 Membran nukleus terbentuk mengelilingi kromosom. Kromosom berubah jadi benang kromatin
Terbentuk lekukan membran sel diantara 2 nukleus
Terbentuk 2 sel anak yang haploid
Catatan. Karena meiosis 2 terjadi pada 2 sel anakan hasil meosis 1 maka jumlah sel anak selurunya adalah 4 sel anak yang haploid.
. PROFASE METAFASE
ANAFASE TELOFASE
MEIOSIS
MEIOSIS 1
PROPASE 1
Metode : PBI ( problem base intruction)/ pengajaran berdasarkan masalah
Langkah- langkah pembelajaran
Kegiatan awal 10 menit
kegiatan karakter yg terbentuk terlaksana/
tidak
Guru mengecek kehadiran siswa
guru memotivasi siswa dengan menanyakan “mengapa kita semua dulu bayi dengan tinggi badan 55 cm sekarang menjadi 160 cm”?
harapanguru siswa menjawab “karena tumbuh ,karena bertambah jumlah selnya”
guru menjelaskan tujuan pembelajaran
guru memotivasi siswa untuk memecahkan masalah bagaimana sel itu bisa bertambah, sehingga kita menjadi lebih tinggi dan lebih besar “ ( fase 1 / orientasi siswa pada masalah)
disiplin
rasa ingin tahu
Kegiatan inti 170 menit
kegiatan karakter yg terbentuk terlaksana/
tidak
guru membagi kelas dalam 10 kelompok ( anggota-4 orang
guru membagikan lembar kerja siswa
guru menjelaskan secara singkat tentang pembelahan sel ada 2 macam yaitu mitosis dan meiosis
guru menugaskan tiap kelompok untuk membaca buku biologi tentang reproduksi sel dan mengamati gambar di buku serta mengamati preparat jadi di mikroskop ( fase 2/ mengorganisasi siswa untuk belajar)
guru membimbing siswa dalam belajar, dalam mengamati preparat serta mengamati gambar dan membaca fase-fase mitosis, meiosis ( fase 3/ membimbing penyelidikan individual maupun kelompok)
guru membimbing siswa dalam menggambarkan fase-fase mitosis dan meiosis dalam kertas flip chart serta membimbing pembagian tugas
siswa mempresentasikan hasil kerjanya dalam diskusi kelas yang di bimbing guru ( fase 4/mengembangkan dan menyajikan hasil karya)
guru menguatkan hasil diskusi kelas dan membimbing siswa dalam menyimpulkan pembelahan sel secara mitosis dan meiosis serta perbedaannya kerjasama
menghargai orang lain
cermat/teliti
kerja sama
percaya diri
menghormati pendapat orang lain
Kegiatan akhir ( 10 menit)
kegiatan karakter yg terbentuk terlaksana/
tidak
guru mengevaluasi proses pembelajaran yang telah di lakukan siswa mulai dari diskusi kelompok, pengamatan prparat, membaca literatur dan diskusi kelas)
guru mengevaluasi hasil belajar siswa dengan mengajukan pertanyaan secara lisan pada beberapa siswa ( fase 5/ menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah )
guru menugaskan siswa untuk mengerjakan soal-soal reproduksi sel yang terdapat dalam buku pegangan siswa , untuk di bahas pada pertemuan berikutnya mau menerima saran dan kritik yang membangun
mau mengakui kekurangan diri sendiri
melaksanakan tugas yang diberikan dengan tanggung jawab dan jujur
Alat dan bahan/ sumber belajar
1.- buku biologi SMA kelas XII, depdiknas, Jakarta
- modul biologi SMA /PLPG, Unesa, Surabaya
- www. Biologi 3 SMA. com
2. mikroskop
3. preparat jadi mitosis, miosis
4. kertas flip chart
5. spidol, isolasi
6. LKS
Penilaian :
penilaian kognitif
penilaian psikomotor
penialain afektif/ karakter
Surabaya,
Mengetahui Guru pengajar
Kepala SMAN 20 Surabaya
Hj. Sri Widiati, S.Pd , M.M Dra. Salindri Budi
Nip. 19621109 198512 2 005 Nip. 19680410 200801 2 013
LEMBAR KERJA SISWA
JUDUL : REPRODUKSI SEL ( MITOSIS, MEIOSIS)
TUJUAN : SISWA MAMPU MENJELASKAN PEMBELAHAN MITOSIS DAN MEIOSIS SERTA
PERBEDAANNYA .
ALAT DAN BAHAN :
1. MIKROSKOP 2. BUKU BIOLOGI KELAS XII 3. SPIDOL 4. KERTAS FLIP CHART 5.PREPARAT JADI MITOSIS , MEIOSIS
KERJAKAN DENGANCERMAT DALAM KELOMPOKMU DAN BEKERJA SAMALAH DENGAN BAIK!
1. BACALAH DENGAN TELITI DAN PAHAMI DENGAN BAIK TENTANG MITOSIS DAN AMATI
GAMBAR TAHAP-TAHAP DALAM MITOSIS !
2. LIHATLAH DI MIKROSKOP PREPARAT JADI TENTANG MITOSIS !
3. GAMBARLAH TAHAP – TAHAP MITOSIS DALAM KERTAS FLIPCHART DENGAN TELITI !
4. BACALAH DENGAN CERMAT DAN PAHAMI TENTANG MEIOSIS DAN AMATI DENGAN
TELITI GAMBAR TAHAP-TAHAP NYA !
5. LIHATLAH DI MIKROSKOP PREPARAT JADI TENTANG MEIOSIS !
6. GAMBARLAH 2 TAHAP DLAM MIOSIS DALAM KERTAS FLIP CHART DENGAN TELITI !
7. PRESENTASIKAN HASIL KARYAMU DALAM DISKUSI KELAS !
Bahan diskusi
JAWABLAH PERTANYAAN BERIKUT !
( MITOSIS)
1. APA YANG ANDA KETAHUI TENTANG INTERFASE !
2. SEBUTKAN TAHAP-TAHAP MITOSIS !
3. KAPAN KROMOSOM MULAI MENJADI BENTUK BERUNTAI GANDA ? TIAP UNTAI DARI KROMOSOM TERSEBUT DI SEBUT APA?
4. PADA SAAT METAFASE , BAGAIMANA TATANAN KROMOSOM HOMOLOG DALAM BIDANG EQUATOR ?
5. APAKAH YANG TERPISAH PADA SAAT ANAFASE ?
6. MASIH ADAKAH KROMOSOM HOMOLOG DALAM TIAP KUTUB PADA ANAFASE?
7. BERAPA SEL ANAK YANG TERBENTUK ?
8. BAGAIMANA SIFAT KROMOSOM SEL ANAK? APA ALASANNYA?
9. DI MANA MITOSIS TERJADI ? APA TUJUANNYA ?
(MEIOSIS)
1. SEBUTKAN TAHAP- TAHAP MEIOSIS !
2. BAGAIMANA BENTUK KROMOSOM PADA PROFASE 1 ?
3. SAAT PROFASE 1 TERJADI SINAPSIS . APAKAH SINAPSIS ITU ?
4. KARENA SINAPSIS, MAKA ADA BAGIAN KROMOSOM YANG SALING MELEKAT . DISEBUT APAKAH KEADAAN KROMOSOM TERSEBUT ? MENGAPA DI SEBUT DEMIKIAN?
5. PADA METAFASE 1, BAGAIMANA TATANAN KROMOSOM HOMOLOG DALAM BIDANG EQUATOR ?
6. PADA ANAFASE 1, APAKAH YANG BEERGERAK KEARAH YANG BERLAWANAN ITU?
7. PADA AKHIR ANAFASE 1, MASIH ADAKAH KROMOSOM HOMOLOG SETIAP KUTUB
8. PADA TELOFASE 1, BERAPA SEL ANAK YANG TERBENTUK ?
9. BAGAIMANA SIFAT KROMOSOM TIAP SEL ANAK ? APA ALASANYA !
10. ADAKAH INTERFASE / PENAMBAHAN DNA DAN ORGANEL SEL ANTARA MEIOSIS 1 DAN MEIOSIS 2 ?
11. BAGIMANA BENTUK DAN SIFAT KROMOSOM PADA PROFASE 2 ?
12. BAGAIMANA TATANAN KROMOSOM DI BIDANG EQUATOR, SAAT METAFASE 2 ?
13. PADA ANAFASE, APA YANG TERPISAH SAAT MENUJU KUTUB-KUTUB YANG BERLAWANAN ?
14. PADA TELOFASE 2. MASING- MASING SEL ANAK DARI MEIOSIS 1 , MENGHASILKAN BERAPA SEL ANAK ?
15. BAGAIMANA SIFAT KROMOSOM ANAK DARI MEIOSIS 2 ? MENGAPA ?
16. DIMANA TERJADI MEIOSIS ?
17. APA TUJUAN MEIOSIS ?
PERBEDAAN MITOSIS DENGAN MEIOSIS
PEMBEDA MITOSIS MEIOSIS
1.TAHAP
2.TEMPAT TERJADI
3. TUJUAN
4. TERJADI SINAPSIS
5. TERBENTUK TETRAD
6. TATANAN KROMOSOM DI
BIDANG EQUATOR SAAT
METAFASE MITOSIS
DENGAN METAFASE 1
MEIOSIS
7. JUMLAH SEL ANAK
8. SIFAT KROMOSOM SEL
ANAK
KUNCI BAHAN DISKUSI !
Mitosis
1. fase persiapan pembelahan dimana terjadi repilkasi DNA, penggandaan organel-organel sel, pembentukan enzim
2. profase – metafase- anafase- telofase
3. interfase ; kromatid
4. berderat/ berjajar
5. kromatid
6. ada
7. 2
8. 2n( diploid) karena kromosom tetap berpasangan
9. Di seluruh bagian tubuh. Untuk perbayakan sel sehingga terjadi pertumbuhan.
Meiosis
1. Profase 1 – metafase1 – anafase1 – telofase 1 - profase 2 – metafase 2 - anafase 2 – telofase 2
2. Dalam bentuk untaian ganda ( terdiri dari 2 kromatid)
3. Peristiwa saling mendekatnya kromosom homolog
4. Tetrad/ bivalen. Karena kromosom tampak tersusun dari 4 kromatid atau bivalen karena dua kromosom homolog yang saling melekat
5. Kromosom homolog tertata saling berhadapan
6. Kromosom homolog saling terpisah ke kutub yang berlawanan
7. Tidak. Di setiap kutub hanya terdapat kromosom yang tunggal tidak berpasangan
8. 2
9. 1n( haploid) , karena tiap kromosom dalam keadaaan tunggal tidak berpasangan dengan homolognya.
10. Tidak penambahan DNA atau oranel sel
11. Berupa untaian ganda yang tunggal ( haploid)
12. Tiap kromosom berjajar di bidang equator
13. K romatid saling terpisah
14. 2
15. Haploid. Karena terdiri dari 1 kromosom saja tidak ada homolognya.
16. Pada manusia dan hewan di testis atau ovarium, pada tumbuhan di benang sari atau putik
17. Untuk membentuk sel gamet.
PERBEDAAN MITOSIS DENGAN MEIOSIS
PEMBEDA MITOSIS MEIOSIS
1.TAHAP
2.TEMPAT TERJADI
3. TUJUAN
4. TERJADI SINAPSIS
5. TERBENTUK TETRAD
6. TATANAN KROMOSOM DI
BIDANG EQUATOR SAAT
METAFASE MITOSIS
DENGAN METAFASE 1
MEIOSIS
7. JUMLAH SEL ANAK
8. SIFAT KROMOSOM SEL
ANAK 1 tahap (profase- metafase- anafase- telofase)
di seluruh bagian tubuh
untuk menambah jumlah sel sehingga terjadi pertumbuhan
tidak
tidak
kromosom homolog berjajar
2
dipoid ( 2n) 2 tahap (profase1-metafase1- anafase1-telofase 1 – profase 2 – metafase 2 – anafase 2- telofase2)
pada manusia dan hewan di testis atau ovarium, pada tumbuhan pada benang sari atau putik
untuk membentuk sel gamet
terjadi
terbentuk
kromosom homolog saling behadapan
4
haploid ( n)
Penilaian kognitif !
tujuan soal
1. siswa dapat menjelaskan tahap tahapmitosis dan meiosis serta mengambarkannya.
2. siswa dapat menganalisis dan menyebutkan perbedaan pembelahan mitosis dengan meiosis.
1. jelaskan kondisi kromosom saat profase pada
mitosis
2. gambarkan kedudukan kromosom saat metafase
pada mitosis
3. gambarkan anafase pada mitosis
4. gambarkan kedudukan dan tatanan kromosom
saat metafase 1 pada meiosis
5. jelaskan apa saja yang terjadi pada profase 1
meiosis
6. apa perbedaan metafase 1 dengan metafase 2
pada meiosis ?
7. apa perbedaan anafase 1 dengan anafase2 pada
meiosis?
8. apakah perbedaan metafase pada mitosis dengan
metafase 1 meiosis !
9. apa perbedaan tujuan antara mitosis dengan
meiosis
10. sebutkan 7 perbedaan mitosis dengan meiosis !
Pedoman penskoran kognitif
jawaban skor
1. kromosom dalam keadaan beruntai ganda yang terdiri dari 2 kromatid.
2.
3.
4.
5. – kromosom menebal dan memendek
- kromosom beruntai ganda terdiri dari 2 kromatid
- kromosom homolog saling berdekatan ( sinapis)
- terbentuk tetrad
6. metafase 1 kromosom homolog yang saling melekat berhadapan pada
equator
metafse 2 kromosom tunggal yang terdiri dari 2 kromatid berderet di
sepanjang bidang equator
7.
• Anafase 1 : kromosom homolog yang semula berhadapan saling bergerak ke kutub yang berlawanan
• Anafase 2 : ke dua kromatid yang membentuk kromosom bergerak kekutub yang berlawanan
8.
• Metafase pada mitosis : kromosom homolog berderet atau berjajar di sepanjang bidang equator
• Metafase 1 pada meiosis : kromosom homolog berhadapan di sepanjang bidang equator
9.
• Mitosis : bertujuan untuk perbanyakan sel untuk pertumbuhan atau mengganti sel yang rusak
• Meiosis : bertujuan untuk membentuk sel gamet
10.
PERBEDAAN MITOSIS DENGAN MEIOSIS
PEMBEDA MITOSIS MEIOSIS
1.TAHAP
2.TEMPAT TERJADI
3. TUJUAN
4. TERJADI SINAPSIS
5. TERBENTUK TETRAD
6. TATANAN
KROMOSOM DI
BIDANG EQUATOR
SAAT
METAFASE MITOSIS
DENGAN METAFASE
1 MEIOSIS
7. JUMLAH SEL ANAK
8. SIFAT KROMOSOM
SEL ANAK 1 tahap (profase- metafase- anafase- telofase)
di seluruh bagian tubuh
untuk menambah jumlah sel sehingga terjadi pertumbuhan
tidak
tidak
kromosom homolog berjajar
2
dipoid ( 2n) 2 tahap (profase1-metafase1- anafase1-telofase 1 – profase 2 – metafase 2 – anafase 2- telofase2)
pada manusia dan hewan di testis atau ovarium, pada tumbuhan pada benang sari atau putik
untuk membentuk sel gamet
terjadi
terbentuk
kromosom homolog saling behadapan
4
haploid ( n)
jumlah total skor 1
1
1
1
4
2
2
2
2
7
23
Nilai = (skor yang di peroleh / 23) x 100
PENILAIAN PSIKOMOTOR
Berilah tanda V sesuai penilaian anda
3 = benar dan baik
2 = kurang baik
1 = salah
ASPEK YANG DINILAI 3 2 1
1. membawa mikroskop dengan benar
2. mendapatkan cahaya dengan baik
3. menggunakan perbesaran lemah terlebih dahulu
4. objek dapat terlihat dengan jelas
5. menggambarkan hasil pengamatan dengan baik
6. mengembalikan posisi mikroskop setelah di pakai dengan
benar
7. mengembalikan semua alat dengan keadaan yang baik
Jumlah skor maksimal 21
Nilai psikomotor = ( skor yang di peroleh/ 21) x 100
Penilaian sikap/ afektif/ karakter
Berilah tanda v pada sesuai penilaian anda
Keterangan :
3 = sangat baik
2 = baik
1 = kurang
ASPEK YANG DI NILAI 3 2 1
1. disiplin ( hadir tepat waktu)
2. rasa ingin tahu ( di tandai dengan frekwensi bertanya)
3. bekerja sama
4. menghargai pendapat orang lain
6. percaya diri ( sering menjawab dan menyampaian pendapat)
7. cermat /teliti
8. mau menerima kritik yang membangun
9. melaksanakan tugas dengan tanggung jawab
10. jujur
Skor maksimal = 30
Nilai = (jumlah skor yang di peroleh /30) x 100
TUGAS CONTINUING EDUCATION (C.E )
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
BIOLOGI KELAS XII
SEMESTER GASAL
MATERI : REPRODUKSI SEL
OLEH :
SALINDRI BUDI MULATI
YULIANTO BUDI
( SMA NEGERI 20 SURABAYA)
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama sekolah : SMA NEGERI 20
Mata pelajaran : BIOLOGI
Kelas/semester : XII/GASAL
Alokasi waktu : 6 x 45 menit
Standar kompetensi : 3 Memahami konsep dasar dan prinsip-prinsip hereditas serta
impilkasinya pada saling temas
Kompetensi Dasar : 3.2 Menjelaskan keterkaitan antara proses pembelahan mitosis
dan meiosis
Indicator:
- Mengidentifikasi tahap persiapan pembelahan sel
- Menjelaskan tahap- tahap mitosis
- Mendidentifikasi ciri-ciri dari tahapan mitosis
- menunjukkan lokasi pada makhluk hidup yang mngalani mitosis
- Menjelaskan urutan tahapan miosis
- Mengidentifikasi ciri- ciri tahapan meiosis
- Membedakan mitosis dengan meiosis
- Menjelaskan gametogensis
- Membedakan gametogenesis pada hewan dan tumbuhan
Karakter yang ingin di bentuk ;
Teliti dan cermat
Rasa ingin tahu
Menghargai pendapat orang lain
Tanggung jawab
Jujur
Mau menerima kritik yang membangun
Mau mengakui kekurangan diri sendiri
Pertemuan 1 dan 2
Tujuan pembelajaran :
- Setelah membaca literatur dan mengamati preparat jadi pembelahan mitosis , siswa dapat menjelaskan tahap – tahap mitosis dn mengambarkannya.
- Setelah membaca literatur dan mengamati preparat jadi pembelahan meiosis, siswa dapat menjelaskan tahap-tahap meiosis dan menggambarkannya.
- Setelah membaca literaur dan mengamat preparat jadi pembelahan mitosis dan meiosis siswa dapat menganalisis dan menyebutkan perbedaan pembelahan mitosis dengan meiosis.
Materi :
Fase ciri – ciri
Interfase ( fase persiapan pembelahan sel)
fae G 1 Kromosom dalam kodisi sangat halus,terurai dan sulit dilihat dengan mikroskop cahaya. Keaadaan ini kromosom di sebut kromatin
Terjadi sintesis protein
Terjadi penambahan sitoplasma dan organel-organel sel
fase S Kromatin menebal
Setiap kromosom dalam keadaan berpilin ganda ,tiap pililinan di sebut kromatid
fase G2 Persiapan sel untuk membelah
Terjadi sintesa enzim yang diperlukan dalam pembelahan
Fase mitosis
Profase Pada awal profase kromatid menebal dan memendel, sehingga dapat terlihat dengan mikroskop
Membran nukleus menghilang
Benang spindel mulai terbentuk
Benang spindel menggerakkan kromosom ke bidang ekuator pembelahan
Metafase Kromosom tersusun di bidang equator pembelahan
Kromatid kembar masih terikat di sentromer
Sentromer membelah sehingga kromatid kembar terpisah
Anafase Masing-masing kromatid bergerak kekutub yang berlawanan
Kromatid/ kromosom menuju ke kutub masing-masing
telofase Benamg spindel mulai menghilang
Kromosom kembali menjadi tipis ( benamg kromatin)
Membran nukleus kembali terbentuk dan mengelilingi kromosom
Membran plasma menyempit diantara dua nukleus
Terjadi pembelahan sitoplasma dan terbentuk dua sel anak yang diploid
Ctt. Kromatid adalah satu pilinan kromosom saat dalam keadaan berpilin ganda pada waktu proses pembelahan sel
Meiosis 1
Profase 1 kromosom menebal dan memendek dan membentuk pilinan ganda yang terdiri dari 2 kromatid
terjadi sinapsis yaitu kromosom homolog saling berdekatan
sehingga terbentuk tetrad/bivalen yaitu dua kromosom homolog yang saling berdekatan dan masing-masing terdiri dari 2 kromatid sehingga terlihat 4 kromatid
pada tetrad sering terjadi pindah silang ,yaitu terjadi pertukaran segmen DNA antara dua kromosom homolog. Titik terjdinya pindah silang di sebut khiasma.
Metafase 1 bivalen-bivalen menempatkan diri di bidang equator pembelahan
sentromer pada masing-masing kromosom tetap menyatu
Anafase 1 tiap kromosom memisahkan diri dari homolognya dan menuju ke kutub yang berlawanan
Telofase 1 1 set komosom berada di satu kutub, satu set kromosom yang lain berada di kutub yang berlawanan
Terbentuk nukleus dan terjadi sitokinesis
Interfase
Interfase antara meiosis 1 dan meiosis 2 dapat dianggap tidak terjadi, karena waktunya sangat singkat dan tidak terjadi pertumbuhan sel, dan tidak ada sintesis DNA.
Meiosis 2 terjadi pada 2 sel anak yang terbentuk pada meiosis 1
profase 2 Sentriol bergerak ke kutub, membran nukleus menghilang dan terbentuk benang spindel, kromosom mulai bergerak kebidang equator
metafase 2 Kromosom berada di tengah bidang equator
anafase 2 Kromatid kembar berpisah menuju kutub yang berlawanan
telofase 2 Membran nukleus terbentuk mengelilingi kromosom. Kromosom berubah jadi benang kromatin
Terbentuk lekukan membran sel diantara 2 nukleus
Terbentuk 2 sel anak yang haploid
Catatan. Karena meiosis 2 terjadi pada 2 sel anakan hasil meosis 1 maka jumlah sel anak selurunya adalah 4 sel anak yang haploid.
. PROFASE METAFASE
ANAFASE TELOFASE
MEIOSIS
MEIOSIS 1
PROPASE 1
Metode : PBI ( problem base intruction)/ pengajaran berdasarkan masalah
Langkah- langkah pembelajaran
Kegiatan awal 10 menit
kegiatan karakter yg terbentuk terlaksana/
tidak
Guru mengecek kehadiran siswa
guru memotivasi siswa dengan menanyakan “mengapa kita semua dulu bayi dengan tinggi badan 55 cm sekarang menjadi 160 cm”?
harapanguru siswa menjawab “karena tumbuh ,karena bertambah jumlah selnya”
guru menjelaskan tujuan pembelajaran
guru memotivasi siswa untuk memecahkan masalah bagaimana sel itu bisa bertambah, sehingga kita menjadi lebih tinggi dan lebih besar “ ( fase 1 / orientasi siswa pada masalah)
disiplin
rasa ingin tahu
Kegiatan inti 170 menit
kegiatan karakter yg terbentuk terlaksana/
tidak
guru membagi kelas dalam 10 kelompok ( anggota-4 orang
guru membagikan lembar kerja siswa
guru menjelaskan secara singkat tentang pembelahan sel ada 2 macam yaitu mitosis dan meiosis
guru menugaskan tiap kelompok untuk membaca buku biologi tentang reproduksi sel dan mengamati gambar di buku serta mengamati preparat jadi di mikroskop ( fase 2/ mengorganisasi siswa untuk belajar)
guru membimbing siswa dalam belajar, dalam mengamati preparat serta mengamati gambar dan membaca fase-fase mitosis, meiosis ( fase 3/ membimbing penyelidikan individual maupun kelompok)
guru membimbing siswa dalam menggambarkan fase-fase mitosis dan meiosis dalam kertas flip chart serta membimbing pembagian tugas
siswa mempresentasikan hasil kerjanya dalam diskusi kelas yang di bimbing guru ( fase 4/mengembangkan dan menyajikan hasil karya)
guru menguatkan hasil diskusi kelas dan membimbing siswa dalam menyimpulkan pembelahan sel secara mitosis dan meiosis serta perbedaannya kerjasama
menghargai orang lain
cermat/teliti
kerja sama
percaya diri
menghormati pendapat orang lain
Kegiatan akhir ( 10 menit)
kegiatan karakter yg terbentuk terlaksana/
tidak
guru mengevaluasi proses pembelajaran yang telah di lakukan siswa mulai dari diskusi kelompok, pengamatan prparat, membaca literatur dan diskusi kelas)
guru mengevaluasi hasil belajar siswa dengan mengajukan pertanyaan secara lisan pada beberapa siswa ( fase 5/ menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah )
guru menugaskan siswa untuk mengerjakan soal-soal reproduksi sel yang terdapat dalam buku pegangan siswa , untuk di bahas pada pertemuan berikutnya mau menerima saran dan kritik yang membangun
mau mengakui kekurangan diri sendiri
melaksanakan tugas yang diberikan dengan tanggung jawab dan jujur
Alat dan bahan/ sumber belajar
1.- buku biologi SMA kelas XII, depdiknas, Jakarta
- modul biologi SMA /PLPG, Unesa, Surabaya
- www. Biologi 3 SMA. com
2. mikroskop
3. preparat jadi mitosis, miosis
4. kertas flip chart
5. spidol, isolasi
6. LKS
Penilaian :
penilaian kognitif
penilaian psikomotor
penialain afektif/ karakter
Surabaya,
Mengetahui Guru pengajar
Kepala SMAN 20 Surabaya
Hj. Sri Widiati, S.Pd , M.M Dra. Salindri Budi
Nip. 19621109 198512 2 005 Nip. 19680410 200801 2 013
LEMBAR KERJA SISWA
JUDUL : REPRODUKSI SEL ( MITOSIS, MEIOSIS)
TUJUAN : SISWA MAMPU MENJELASKAN PEMBELAHAN MITOSIS DAN MEIOSIS SERTA
PERBEDAANNYA .
ALAT DAN BAHAN :
1. MIKROSKOP 2. BUKU BIOLOGI KELAS XII 3. SPIDOL 4. KERTAS FLIP CHART 5.PREPARAT JADI MITOSIS , MEIOSIS
KERJAKAN DENGANCERMAT DALAM KELOMPOKMU DAN BEKERJA SAMALAH DENGAN BAIK!
1. BACALAH DENGAN TELITI DAN PAHAMI DENGAN BAIK TENTANG MITOSIS DAN AMATI
GAMBAR TAHAP-TAHAP DALAM MITOSIS !
2. LIHATLAH DI MIKROSKOP PREPARAT JADI TENTANG MITOSIS !
3. GAMBARLAH TAHAP – TAHAP MITOSIS DALAM KERTAS FLIPCHART DENGAN TELITI !
4. BACALAH DENGAN CERMAT DAN PAHAMI TENTANG MEIOSIS DAN AMATI DENGAN
TELITI GAMBAR TAHAP-TAHAP NYA !
5. LIHATLAH DI MIKROSKOP PREPARAT JADI TENTANG MEIOSIS !
6. GAMBARLAH 2 TAHAP DLAM MIOSIS DALAM KERTAS FLIP CHART DENGAN TELITI !
7. PRESENTASIKAN HASIL KARYAMU DALAM DISKUSI KELAS !
Bahan diskusi
JAWABLAH PERTANYAAN BERIKUT !
( MITOSIS)
1. APA YANG ANDA KETAHUI TENTANG INTERFASE !
2. SEBUTKAN TAHAP-TAHAP MITOSIS !
3. KAPAN KROMOSOM MULAI MENJADI BENTUK BERUNTAI GANDA ? TIAP UNTAI DARI KROMOSOM TERSEBUT DI SEBUT APA?
4. PADA SAAT METAFASE , BAGAIMANA TATANAN KROMOSOM HOMOLOG DALAM BIDANG EQUATOR ?
5. APAKAH YANG TERPISAH PADA SAAT ANAFASE ?
6. MASIH ADAKAH KROMOSOM HOMOLOG DALAM TIAP KUTUB PADA ANAFASE?
7. BERAPA SEL ANAK YANG TERBENTUK ?
8. BAGAIMANA SIFAT KROMOSOM SEL ANAK? APA ALASANNYA?
9. DI MANA MITOSIS TERJADI ? APA TUJUANNYA ?
(MEIOSIS)
1. SEBUTKAN TAHAP- TAHAP MEIOSIS !
2. BAGAIMANA BENTUK KROMOSOM PADA PROFASE 1 ?
3. SAAT PROFASE 1 TERJADI SINAPSIS . APAKAH SINAPSIS ITU ?
4. KARENA SINAPSIS, MAKA ADA BAGIAN KROMOSOM YANG SALING MELEKAT . DISEBUT APAKAH KEADAAN KROMOSOM TERSEBUT ? MENGAPA DI SEBUT DEMIKIAN?
5. PADA METAFASE 1, BAGAIMANA TATANAN KROMOSOM HOMOLOG DALAM BIDANG EQUATOR ?
6. PADA ANAFASE 1, APAKAH YANG BEERGERAK KEARAH YANG BERLAWANAN ITU?
7. PADA AKHIR ANAFASE 1, MASIH ADAKAH KROMOSOM HOMOLOG SETIAP KUTUB
8. PADA TELOFASE 1, BERAPA SEL ANAK YANG TERBENTUK ?
9. BAGAIMANA SIFAT KROMOSOM TIAP SEL ANAK ? APA ALASANYA !
10. ADAKAH INTERFASE / PENAMBAHAN DNA DAN ORGANEL SEL ANTARA MEIOSIS 1 DAN MEIOSIS 2 ?
11. BAGIMANA BENTUK DAN SIFAT KROMOSOM PADA PROFASE 2 ?
12. BAGAIMANA TATANAN KROMOSOM DI BIDANG EQUATOR, SAAT METAFASE 2 ?
13. PADA ANAFASE, APA YANG TERPISAH SAAT MENUJU KUTUB-KUTUB YANG BERLAWANAN ?
14. PADA TELOFASE 2. MASING- MASING SEL ANAK DARI MEIOSIS 1 , MENGHASILKAN BERAPA SEL ANAK ?
15. BAGAIMANA SIFAT KROMOSOM ANAK DARI MEIOSIS 2 ? MENGAPA ?
16. DIMANA TERJADI MEIOSIS ?
17. APA TUJUAN MEIOSIS ?
PERBEDAAN MITOSIS DENGAN MEIOSIS
PEMBEDA MITOSIS MEIOSIS
1.TAHAP
2.TEMPAT TERJADI
3. TUJUAN
4. TERJADI SINAPSIS
5. TERBENTUK TETRAD
6. TATANAN KROMOSOM DI
BIDANG EQUATOR SAAT
METAFASE MITOSIS
DENGAN METAFASE 1
MEIOSIS
7. JUMLAH SEL ANAK
8. SIFAT KROMOSOM SEL
ANAK
KUNCI BAHAN DISKUSI !
Mitosis
1. fase persiapan pembelahan dimana terjadi repilkasi DNA, penggandaan organel-organel sel, pembentukan enzim
2. profase – metafase- anafase- telofase
3. interfase ; kromatid
4. berderat/ berjajar
5. kromatid
6. ada
7. 2
8. 2n( diploid) karena kromosom tetap berpasangan
9. Di seluruh bagian tubuh. Untuk perbayakan sel sehingga terjadi pertumbuhan.
Meiosis
1. Profase 1 – metafase1 – anafase1 – telofase 1 - profase 2 – metafase 2 - anafase 2 – telofase 2
2. Dalam bentuk untaian ganda ( terdiri dari 2 kromatid)
3. Peristiwa saling mendekatnya kromosom homolog
4. Tetrad/ bivalen. Karena kromosom tampak tersusun dari 4 kromatid atau bivalen karena dua kromosom homolog yang saling melekat
5. Kromosom homolog tertata saling berhadapan
6. Kromosom homolog saling terpisah ke kutub yang berlawanan
7. Tidak. Di setiap kutub hanya terdapat kromosom yang tunggal tidak berpasangan
8. 2
9. 1n( haploid) , karena tiap kromosom dalam keadaaan tunggal tidak berpasangan dengan homolognya.
10. Tidak penambahan DNA atau oranel sel
11. Berupa untaian ganda yang tunggal ( haploid)
12. Tiap kromosom berjajar di bidang equator
13. K romatid saling terpisah
14. 2
15. Haploid. Karena terdiri dari 1 kromosom saja tidak ada homolognya.
16. Pada manusia dan hewan di testis atau ovarium, pada tumbuhan di benang sari atau putik
17. Untuk membentuk sel gamet.
PERBEDAAN MITOSIS DENGAN MEIOSIS
PEMBEDA MITOSIS MEIOSIS
1.TAHAP
2.TEMPAT TERJADI
3. TUJUAN
4. TERJADI SINAPSIS
5. TERBENTUK TETRAD
6. TATANAN KROMOSOM DI
BIDANG EQUATOR SAAT
METAFASE MITOSIS
DENGAN METAFASE 1
MEIOSIS
7. JUMLAH SEL ANAK
8. SIFAT KROMOSOM SEL
ANAK 1 tahap (profase- metafase- anafase- telofase)
di seluruh bagian tubuh
untuk menambah jumlah sel sehingga terjadi pertumbuhan
tidak
tidak
kromosom homolog berjajar
2
dipoid ( 2n) 2 tahap (profase1-metafase1- anafase1-telofase 1 – profase 2 – metafase 2 – anafase 2- telofase2)
pada manusia dan hewan di testis atau ovarium, pada tumbuhan pada benang sari atau putik
untuk membentuk sel gamet
terjadi
terbentuk
kromosom homolog saling behadapan
4
haploid ( n)
Penilaian kognitif !
tujuan soal
1. siswa dapat menjelaskan tahap tahapmitosis dan meiosis serta mengambarkannya.
2. siswa dapat menganalisis dan menyebutkan perbedaan pembelahan mitosis dengan meiosis.
1. jelaskan kondisi kromosom saat profase pada
mitosis
2. gambarkan kedudukan kromosom saat metafase
pada mitosis
3. gambarkan anafase pada mitosis
4. gambarkan kedudukan dan tatanan kromosom
saat metafase 1 pada meiosis
5. jelaskan apa saja yang terjadi pada profase 1
meiosis
6. apa perbedaan metafase 1 dengan metafase 2
pada meiosis ?
7. apa perbedaan anafase 1 dengan anafase2 pada
meiosis?
8. apakah perbedaan metafase pada mitosis dengan
metafase 1 meiosis !
9. apa perbedaan tujuan antara mitosis dengan
meiosis
10. sebutkan 7 perbedaan mitosis dengan meiosis !
Pedoman penskoran kognitif
jawaban skor
1. kromosom dalam keadaan beruntai ganda yang terdiri dari 2 kromatid.
2.
3.
4.
5. – kromosom menebal dan memendek
- kromosom beruntai ganda terdiri dari 2 kromatid
- kromosom homolog saling berdekatan ( sinapis)
- terbentuk tetrad
6. metafase 1 kromosom homolog yang saling melekat berhadapan pada
equator
metafse 2 kromosom tunggal yang terdiri dari 2 kromatid berderet di
sepanjang bidang equator
7.
• Anafase 1 : kromosom homolog yang semula berhadapan saling bergerak ke kutub yang berlawanan
• Anafase 2 : ke dua kromatid yang membentuk kromosom bergerak kekutub yang berlawanan
8.
• Metafase pada mitosis : kromosom homolog berderet atau berjajar di sepanjang bidang equator
• Metafase 1 pada meiosis : kromosom homolog berhadapan di sepanjang bidang equator
9.
• Mitosis : bertujuan untuk perbanyakan sel untuk pertumbuhan atau mengganti sel yang rusak
• Meiosis : bertujuan untuk membentuk sel gamet
10.
PERBEDAAN MITOSIS DENGAN MEIOSIS
PEMBEDA MITOSIS MEIOSIS
1.TAHAP
2.TEMPAT TERJADI
3. TUJUAN
4. TERJADI SINAPSIS
5. TERBENTUK TETRAD
6. TATANAN
KROMOSOM DI
BIDANG EQUATOR
SAAT
METAFASE MITOSIS
DENGAN METAFASE
1 MEIOSIS
7. JUMLAH SEL ANAK
8. SIFAT KROMOSOM
SEL ANAK 1 tahap (profase- metafase- anafase- telofase)
di seluruh bagian tubuh
untuk menambah jumlah sel sehingga terjadi pertumbuhan
tidak
tidak
kromosom homolog berjajar
2
dipoid ( 2n) 2 tahap (profase1-metafase1- anafase1-telofase 1 – profase 2 – metafase 2 – anafase 2- telofase2)
pada manusia dan hewan di testis atau ovarium, pada tumbuhan pada benang sari atau putik
untuk membentuk sel gamet
terjadi
terbentuk
kromosom homolog saling behadapan
4
haploid ( n)
jumlah total skor 1
1
1
1
4
2
2
2
2
7
23
Nilai = (skor yang di peroleh / 23) x 100
PENILAIAN PSIKOMOTOR
Berilah tanda V sesuai penilaian anda
3 = benar dan baik
2 = kurang baik
1 = salah
ASPEK YANG DINILAI 3 2 1
1. membawa mikroskop dengan benar
2. mendapatkan cahaya dengan baik
3. menggunakan perbesaran lemah terlebih dahulu
4. objek dapat terlihat dengan jelas
5. menggambarkan hasil pengamatan dengan baik
6. mengembalikan posisi mikroskop setelah di pakai dengan
benar
7. mengembalikan semua alat dengan keadaan yang baik
Jumlah skor maksimal 21
Nilai psikomotor = ( skor yang di peroleh/ 21) x 100
Penilaian sikap/ afektif/ karakter
Berilah tanda v pada sesuai penilaian anda
Keterangan :
3 = sangat baik
2 = baik
1 = kurang
ASPEK YANG DI NILAI 3 2 1
1. disiplin ( hadir tepat waktu)
2. rasa ingin tahu ( di tandai dengan frekwensi bertanya)
3. bekerja sama
4. menghargai pendapat orang lain
6. percaya diri ( sering menjawab dan menyampaian pendapat)
7. cermat /teliti
8. mau menerima kritik yang membangun
9. melaksanakan tugas dengan tanggung jawab
10. jujur
Skor maksimal = 30
Nilai = (jumlah skor yang di peroleh /30) x 100
TUGAS CONTINUING EDUCATION (C.E )
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
BIOLOGI KELAS XII
SEMESTER GASAL
MATERI : REPRODUKSI SEL
OLEH :
SALINDRI BUDI MULATI
YULIANTO BUDI
( SMA NEGERI 20 SURABAYA)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar